Home / Berita Umum / 2 Balita Dan 1 Lansia Suku Terasing Di Pedalaman Seram Wafat Karena Busung Lapar

2 Balita Dan 1 Lansia Suku Terasing Di Pedalaman Seram Wafat Karena Busung Lapar

2 Balita Dan 1 Lansia Suku Terasing Di Pedalaman Seram Wafat Karena Busung Lapar – Tiga warga suku terasing yang menempati lokasi pegunungan Morkelle, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, atau persisnya di pedalaman Pulau Seram, Maluku, dilaporkan wafat karena busung lapar.

Dua salah satunya merupakan balita. Selain itu, beberapa ratus warga Suku Mausu Saya yang lain dalam keadaan memprihatinkan.

“Benar sekali, ada tiga warga yang wafat, dua korban masih tetap berusia balita serta satunya lagi lansia, ” kata Kepala Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Farida Salampessy

Farida menuturkan, bencana kelaparan menyerang warga suku terasing itu semenjak dua minggu paling akhir. Peristiwa itu baru di ketahui sesudah Raja Maneo (Kepala Desa), Nikolas Boiratan memberikan laporan peristiwa itu pada Polres Maluku Tengah.

“Kejadian ini terjadi semenjak dua minggu paling akhir, tetapi kita ketahui sendiri tempat saudara-saudara kita ini begitu susah untuk ditempuh. Diluar itu, kehidupan mereka masih tetap nomaden, ” katanya. Diakuinya, sekarang ini team dari BPBD Maluku Tengah telah sukses sampai titik kumpul warga di rimba Pulau Seram.

Dia juga mengakui pihaknya sudah mengintruksikan supaya penyaluran pertolongan pangan selekasnya didistribusikan pada beberapa warga.

“Kelaparan itu berlangsung karena bahan perkebunan mereka dikonsumsi oleh tikus serta babi. Sekarang ini mereka masih tetap memakai bekas bahan makanan yang ada, ” katanya.

Selain itu, dihubungi terpisah, Kepala BPBD Maluku Tengah Syahril Tuakia mengakui disebabkan kekurangan bahan makanan, warga sangat terpaksa konsumsi daun-daunan serta akar rotan untuk bertahan hidup.

Syahril menyampaikan, jumlahnya warga suku terasing yang menanggung derita bencana kelaparan itu sejumlah 45 kepala keluarga atau sekitar 175 jiwa. Mereka tempati tiga tempat di belantara Pulau Seram yaitu di aliran sungai Kobi, Laihaha, serta Tilupa

About admin