Home / kesehatan / 41 Anak Wamena Meninggal Dengan Misterius

41 Anak Wamena Meninggal Dengan Misterius

Setidaknya 41 anak yang ada di Distrik Mbuwa, Kab Nduga, Wamena, Papua di laporkan meinggal dunia dengan misterius. Anak-anak tersebut masih berusia dibawah 7 tahun. Yan Hubi selaku patugas analis Puskesma Wamena mengaku tengah memeriksa contoh darah anak-anak tersebut yang telah meninggal. Diduga, kematian mereka karena wabah malaria. Pasalnya, gejala korban hampir mirip dengan wabah malaria, yakni buang air besar terus-terusan, demam dan flu.

“Anehnya, contoh darah yang sudah di uji semuanya negatif virus malaria. Saat ini kami masih terus berupaya mencari tahu apa penyebab kematian semacam ini,” ujarnya. Kepala Seksi Wabah serta Bencana Papua, Yamamoto Sasarari menyatakan, dari gambaran klini yang di laporkan, di duga 41 anak yang telah meninggal tersebut lantaran emderita pneumonia broncitis.

Menurutnya, awal kematian mulai tanggal 20 Oktober hingga 11 November. “Kami telah mendapatkan laporan tersebut dari Kepala Puskesmas Nbuwa serta tim pun langsung turun menuju lapangan tanggal 16 November lalu,” ungkapnya pada Jubi.

Sementara itu, sebanyak 32 anak dibawah usia 2 tahun di laporkan telah terjangkit bronchitis pnemonia atau biasa disebut dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sebagai dampak musim kering yang terjadi di Papua. Akibatnya ternak anjing, anjing, ayam dan babi juga tewas.

About admin