Home / Uncategorized / Akibat Banjir Kini Aktifitas Warga Sulit Karna Banyaknya Lumpur

Akibat Banjir Kini Aktifitas Warga Sulit Karna Banyaknya Lumpur

-Akibat Banjir Kini Aktifitas Warga Sulit Karna Banyaknya Lumpur –  Banjir bandang menghantam empat jorong (dusun) di Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Mengakibatkan beberapa ratus tempat tinggal serta berjalan-jalan tertutup lumpur dan batang kayu.

“Banjir ini datang barusan malam, mendadak nada gemuruh dari sungai. Waktu itu kami tengah rapat waktu kami tengah rapat di Masjid Darus Salam, pada akhirnya saya bubarkan serta menghubungi camat, polsek serta koramil, kalau sudah berlangsung banjir bandang ditempat kami, ” kata Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah, Zulfikar Erawandi, Jumat (15/9/2017) .

Banjir bandang yang berlangsung pada Kamis 14 September 2017 jam 20. 30 WIB menyebabkan sekitaran 300 tempat tinggal dipenuhi air serta lumpur setinggi 75 cm.. Tidak cuma itu jalan juga adalah jalan lintas sumatera penuh lumpur setinggi 4o cm..

“Kita perlu alat berat untuk bersihkan jalan supaya dapat akses, diluar itu juga mesin kayu untuk memotong kayu-kayu yang sudah menutupi saluran air dibawa jembatan, ” lebih Zulfikar.

Wali Nagari memberikan, warga perlu pertolongan makan sebab tempat tinggal penuh lumpur. Pertolongan yang telah masuk dari pemerintah kabupaten serta propinsi itu berupak terpal, selimut, tikar untuk tempat tidur warga. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Sosial Solok Selatan untuk buat dapur umum.

“Makanan orang-orang telah basah dan alat masaknya telah tertimbun lumpur. Kami belum juga kenali korban jiwa, tetapi tim BPBD serta OPD berkaitan telah datang mulai sejak barusan malam, ” tuturnya.

About admin