Home / indonesia / Alasan Kenapa ISIS Sulit Masuk Indonesia

Alasan Kenapa ISIS Sulit Masuk Indonesia

Haidar Nashir selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah telah menyatakan kalau paham Negara Islam Irak dan Suriah atau biasa kita kenal dengan ISIS cukup sulit untuk masuk serta berkembang ke wilayah RI. Karena penganut Islam di Indonesia mempunyai paham moderat.

“Saya cukup yakin kalau ISIS tak akan terlalu kuat untuk bisa msuk dengan cara mudah seperti tadi. Lantaran dua hal. Pertama, pada umumnya kekuatan agama yang ada di Indonesia itu kan sangat moderat. Yang kedua, kita sebenarnya relatih memiliki pengalaman tahan kepada peristiwa semacam itu,” ujar Haidar. Walaupun demikian, Haidar juga menekankan pemerintah serta aparat penegak hukum harus bisa waspada kepada gerakan radikal ISIS, walaupun baru-baru ini pihak kelompok peretas bernama ‘Anonymous’ telah membantah membocorkan informasi kalau serangan ISIS menuju wilayah RI. “Tentunya kita juga waspada. Jangan sampai kecolongan,” imbuhnya.

Sekretaris Umum Muhammadiyah, yakni Abdul Muti juga menyarankan aparat penegak hukum harus bisa berkomunikasi bersama para tokoh agama Isalm untuk bisa membicarakan lengkah yang preventif.

“Saya rasa sekarang pihak aparat keamanan harus memulai untuk melakukan pembicaraan bersama pemimpin sejumlah organisasi Islam. Dan juga melakukan tindakan bersama, bagaiman para masyarakat juga ikut terlibat dalam usaha menangkal berbagai bentuk kekerasa,” tandasnya.

About admin