Home / Berita Umum / Awan Mirip UFO Muncul di Atas Gunung Agung, Apa Penyebabnya?

Awan Mirip UFO Muncul di Atas Gunung Agung, Apa Penyebabnya?

Awan Mirip UFO Muncul di Atas Gunung Agung, Apa Penyebabnya? – Photo awan dengan bentuk unik diatas Gunung Agung, Bali, ramai dibicarakan di sosial media. Ada yang menyebutkan serupa payung, piring, sampai UFO. Sebetulnya, apakah pemicu timbulnya awan itu?

Awan yang melengkung itu dimaksud berlangsung diatas Gunung Agung, Bali, pada Selasa (4/9) pagi. Tampak satu bulatan serupa piring terbalik melayang-layang diatas Gunung Agung.

” Seperti payung, ” catat @madeinbali2 di salah satunya account Instagram yang mengupload photo itu.

” Ufo min ufo wkwk, ” catat @sakaroyer.

Kepala Humas BMKG Harry Tirto menuturkan kenyataan itu dimaksud lenticular clouds. Type awan itu memang biasa berlangsung diatas gunung atau perbukitan.

” Lenticular clouds (altocumulus lenticularis atau lenticularis stand altocumulus) adalah semacam awan yang unik serta umumnya tercipta di seputar bukit-bukit serta gunung-gunung karena gerakan hawa di lokasi pegunungan, ” kata Harry melalui pesan singkat, Selasa (4/9/2018).

Dia memberikan awan itu dimaksud lenticularis karena memiliki bentuk serupa lensa. Memiliki bentuk yang unik jadi daya tarik buat awan itu.

” Awan ini diberi nama lenticularis, yang berarti ‘berbentuk lensa’, serta umumnya cukuplah dikatakan sebagai awan ‘lennies’, ” terangnya.

Walau adalah salah satunya kenyataan alam yang indah, type awan ini dijauhi oleh beberapa pilot penerbangan. Awan ini dapat mengakibatkan turbulensi buat pesawat yang nekat terbang mendekat awan itu.

” Pilot pesawat condong hindari terbang dekat awan lenticular karena turbulensi skema rotor yang menyertainya, ” tuturnya.

About admin