Home / Berita Umum / Berantas Hama Setan Di Gunungkidul

Berantas Hama Setan Di Gunungkidul

Berantas Hama Setan Di Gunungkidul – Hama belalang setan atau aularches miliaris mengakibatkan kerusakan tanaman punya warga di desa di Gunungkidul. Belalang itu makan tanaman seperti pohon jati, kelapa dana jagung di tegalan atau ladang.

Serangan hama belalang setan ini cukup bikin resah petani sepanjang sekian hari paling akhir ini. Dinas Pertanian serta Pangan Gunungkidul mengupayakan menguasai populasi belalang setan. Lebih dari satu lokasi yg terkena hama ini salah satunya Baleharjo serta Karangrejek, Wonosari.

Kepala Dinas Pertanian serta Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto memaparkan pihaknya bakalan tidak pakai bahan kimia buat memberantas belalang setan. Tapi pihaknya dapat menangkapnya dengan cara manual.

” Menangkap belalang dengan cara mekanis atau menangkap dengan cara manual itu lebih efisien, ” kata Bambang di Desa Karangrejek, Wonosari.

Menurut dia, tipe belalang setan memanglah tidak serupa dengan tipe belalang yang lain. Meskipun hewan tipe ini punya toksin, tapi mereka bakalan tidak terbang selagi didekati.

” Usaha yg kami laksanakan ini buat antisipasi serangan yg tambah besar, langkahnya dengan memutus siklus biar tdk tumbuh selalu populasinya, ” tukasnya.

Tidak cuman Dinas Pertanian, kata Bambang, petugas Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Balai Perlindungan Tanaman Pertanian Yogyakarta serta petani di Gunungkidul juga ikut saling bersama menangkap belalang setan.

” Kami harap, mudah-mudahan sesudah ini serta sesudah pengenalan yg kami laksanakan ke banyak petani dapat kurangi populasi belalang setan di Gunungkidul, ” ujarnya.

Kepala Balai UPTD BPTP Dinas Pertanian Yogyakarta, Suparjono mengimbuhkan, usaha menangkap belalang setan dengan cara manual memanglah lebih efisien. Sebab, seandainya pakai bahan kimia dikuatirkan belalang itu dapat jadi tambah kebal.

” Sebetulnya ini belalang yg habitatnya di rimba. Barangkali dikarenakan kekurangan makanan lantas belalang ini turun ke ladang warga, ” ujarnya.

” Buat belalang tipe ini apabila kaget dapat keluarkan busa serta nada serupa jangkrik. Belalang ini jinak tapi keluarkan busa. Hewan yg mempunyai senjata rata-rata lebih jinak, ” pungkas dia.

About admin