Home / kesehatan / Cara Hilangkan Dahak

Cara Hilangkan Dahak

Cara Hilangkan Dahak – Kadang – kadang tenggorokan kita diisi oleh lendir ataupun dahak. Menghilangkan dahak dapat menjadi hal yang menjengkelkan sebab walaupun sudah berkali-kali batuk. Dahak pada dasarnya merupakan lendir yang terdiri dari air, garam, serta antibodi. Tubuh kita memperoduksi dahak untuk menangkap serta mengeluarkan bakteri dan juga mikroorganisme yang lain dari hidung serta tenggorokan.

Dahak timbul bukan hanya ketika kita sakit, namun juga ketika tubuh tengah fit. Hal ini disebabkan secara alami tubuh memproduksi dahak tiap hari. Tanpa dahak, kuman dan iritan di udara bakal mudah masuk ke paru lewat saluran napas, ungkap Brett Comer, dokter di bidang alergi serta bedah sinus dari University of Kentucky College of Medicine.

Saat kita tengah sakit ataupun mengalami alergi, tubuh bakal meningkatkan pembuatan dahak untuk membersihkan kuman-kuman yang dihirup. Meskipun mungkin terasa memuakkan, namun sebenarnya tidak ada salahnya apabila kita minum dahak. Bahkan, mungkin itu yang diperlukan sebab apabila tertelan maka asam lambung dan sistem pencernaan bakal menyingkirkan kuman. Alternatif lainnya pasti saja membuangnya secara meludah.

Yang perlu diperhatikan yakni warna lendir tenggorokan. Apabila dahak Anda kuning atau hijau, kemungkinan Anda mengidap infeksi virus. Warna itu timbul oleh enzim yang diproduksi sel darah putih yang menantang infeksi.

About admin