Home / kesehatan / Ciri – Ciri Gejala Diabetes

Ciri – Ciri Gejala Diabetes

Ciri – Ciri Gejala Diabetes – Tidak setiap kasus penyakit diabetes tipe 2 berawal dari timbulnya gejala yang khusus seperti misalnya buang air kecil terlampau sering atau tangan dan kaki yang sering kesemutan atau mati rasa. Ada juga gejala – gejala yang tidak biasa bahkan tidak pernah terbayangkan kalau gejala tersebut berhubungan dengan penyakit kencing manis.

Perubahan pada kulit, jangan abaikan apabila ada perubahan tak biasa pada kulit. Apabila warnanya menjadi lebih gelap, bersisik di daerah lipatan terutama di bagian belakang leher, siku atau buku – buku jari padahal anda cukup rajin menjalani perawatan, kondisi tersebut sering menjadi peringatan awal dari kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Walaupun genetika atau kondisi hormonal dapat menyebabkan gangguan kulit yang disebut acanthosis nigricans akan tetapi saat saya melihat kondisi ini hal pertama yang saya lakukan pada pasien adalah melakukan tes gula darah. Kadar insulin yang tinggi mendorong pertumbuhan sel – sek kulit dan melanin. Pigmen dalam sel – sel kulit akhirnya akan menimbulkan bercak – bercak hitam. Tes gula darah dapat menunjukkan apakah pasien sudah memiliki diabetes atau sekedar mendeteksi kadar gula darah sebagai cara untuk mendeteksi penyakit.

Penglihatan menjadi lebih tajam tanpa sebab yang jelas, tak lagi bergantung dengan kacamata karena penglihatan anda secara seketika menajam dengan sendirinya. Sebaiknya tidak berbangga hati dulu. Gejala diabetes tak hanya berupa penurunan kualitas penglihatan akan tetapi juga berlaku sebaliknya.

About admin