Home / kesehatan / Dampak Insomnia Untuk Otak

Dampak Insomnia Untuk Otak

Dampak Insomnia Untuk Otak – Istirahat malam adalah fase penting bagi  otak. Ketika kita istirahat terlelap saat malam hari, otak bakal melakukan tugas interennya, contohnya membersihkan, mengatur kembali, serta mengembalikan jaringan saraf dari semua aktivitas yang sudah kita kerjakan sepanjang hari.

Otak juga turut beristirahat sehingga saat kita bangun tidur esok harinya, otak siap melakukan aktivitas kembali dengan jumlah yang maksimal. Lalu, bagaimana apabila kita kurang istirahat atau mengalami insomnia? Kurang tidur pastinya bakal membuat otak melewatkan waktu istirahatnya yang amat penting.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa analisis bagaimana insomnia bisa memengaruhi bagian khusus dari saraf di otak yang mengkoordinasi kognisi, emosi serta proses sensorik.

Beberapa peneliti membandingkan mengenai gambaran otak 23 orang dengan kurang tidur dan 30 orang yang sehat atau istirahat yang cukup. Peneliti menjelaskan bahwa insomnia sebagai susahnya tidur yang terjadi hingga sekitar satu bulan atau malah lebih.

Peneliti menunjukkan bagian sel-sel saraf yang dilapisi protein tertentu yang memiliki warna putih, yaitu myelin. Myelin melindungi serabut saraf yang mengirimkan sinyal pada otak. Penelitian menunjukkan bahwa otak sebelumnya juga sudah melihat orang-orang dengan kurang tidur atau susah tidur mempunyai perbedaan bagian khusus dari otak yang bisa disalurkan ke myelin.

About admin