Home / kesehatan / Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Anak-anak memerlukan lingkungan yang nyaman, bebas dari kekerasan, serta orangtua yang menyayangi mereka. Sayangnya, untuk mayoritas anak rumah mereka jauh dari kata yang nyaman. Tiap tahunnya, ribuan anak terserang kekerasan dalam rumah tangga. Tak hanya terjadi ketakutan, akibat dari kekerasan itu bakal menetap selamanya.

Anak-anak yang dirawat pada lingkungan keluarga yang harmonis serta penuh cinta, bakal berkembang jadi anak yang kuat serta bahagia. Sebaliknya pada anak yang orangtuanya kerap terjadi pertengkaran maupun terdapat unsur kekerasan.

Konflik yang terus menerus dialami di dalam rumah tangga dapat menjadikan anak mengalami trauma, bahkan meskipun anak itu tak mengalami kekerasan. Semua itu juga dibuktikan pada penelitian dengan 22.500 orang dewasa di Kanada. Dibuktikan dengan 17 persen orang yang pada masa kecilnya melihat kekerasan domestik orangtuanya mempunyai niat untuk bunuh diri. Sementara untuk orang yang masa kecilnya bahagia, cuma 2 persen yang memilik niat yang sama.

Situasi rumah yang ribut serta tak tenang memiliki akibat jangka panjang,” ujar Fuller-Thomson, riset, sebagaimana dikutip dari HealthDay. Konflik pada keluarga memang sesuatu yang wajar, namun apabila ketegangan antara orangtua terus menerus dialami, bahkan mengakibatkan kekerasan pada rumah tangga, anak dapat mengalami trauma yang dibawa sampai dewasa.

About admin