Home / kuliner / Dawet, Kuliner Khas Ponorogo

Dawet, Kuliner Khas Ponorogo

Mungkin selama ini telinga kita lebih sering mendengar dawet ayu dari kota Banjarnegara. Namun jangan salah, di kota Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kota Ponorogo ada sebuah desa yang begitu terkenal dengan kliner dawetnya, yakni di desa Jabung. Letaknya berkisar 7 kilometer di selatan kota, di antara Jetis – Jeruksing, juga dekat dengan Pondok Darussalam Gontor. Seperti apa kulinernya?

Kami berhasil mewawancarai salah satu penjual dawet yang berjualan di sebelah perempatan Jabung. Kata mbak yang cantik ini, dawetnya terbuat dari tepung berbahan aren yang selanjutnya dia bentuk seperti bentuk dawet seperti yang lainnya. Sementara itu kuah dawet terdiri dari gula aren yang di tambahkan santan dari kelapa muda serta sedikit garam. Agar bisa memperkuat rasanya, ditambahkan irisan buah nangka serta tape ketan.

Dawet Jabung sangat cocok bila dinikmati di segala suasana, lebih enak lagi saat matahari sedang terik-teriknya, seperti yang telah saya lakukan bersama dua orang kawan saya.

Untuk harganya? Sangat murah sekali bia di ukur dengan kacamata orang asli Surabaya, hanya dua ribu rupiah saja untuk satu buah kesegaran yang begitu khas serta nikmat, kalau ingin nambah jajan, bisa langsung mengambil sejumlah gorengan yang tersedia.

About admin