Home / kesehatan / Fakta Mengenai Bau Badan

Fakta Mengenai Bau Badan

Fakta Mengenai Bau Badan – Siapa saja pasti berharap dirinya terhindar dari yang namanya bau badan. Namun sayangnya bau badan dapat terjadi oleh siapa saja terlebih saat cuaca panas seperti sekarang ini. Tiap orang memanglah mempunyai bau badan yang memiliki ciri khas masing – masing. Namun apabila kita tak cermat dalam membersihkan tubuh, bau badan yang bercampur dengan bakteri ini bakal menimbulkan aroma yang tak sedap.

Bau badan dikarenakan oleh beberapa faktor yakni diantaranya adalah kelenjar keringat yang dikenal dengan nama ekrin serta apokrin. Kelenjar ekrin ada di seluruh tubuh manusia serta dapat memproduksi air keringat untuk menjaga suhu tubuh tetap merasa sejuk.

Pada dasarnya bukan keringat dari kelenjar aprokrin yang menimbulkan aroma atau bau. Bakteri pemicu bau tertarik pada keringat tersebut. Begitu bakteri ini memecah lemak pada kelenjar apokrin maka aroma tak sedap langsung tercium. Makin lebat rambut di daerah sekitar itu makan semakin bayak bakterinya sehingga aroma tak sedap terasa lebih pekat.

Pemakaian deodorant dapat membantu mencegah bau badan. Pertahanan utama melawan bau badan adalah pemakaian deodorant. Kandungan dalam deodorant dapat menghentikan keringat keluar akibat aktivitas yang berlebihan. Stress juga dapat memicu keringat keluar lebih banyak.

About admin