Home / berita bola / FIFA Bakal Beri Sangsi Cristiano Ronaldo

FIFA Bakal Beri Sangsi Cristiano Ronaldo

FIFA Bakal Beri Sangsi Cristiano Ronaldo – Terhembus berita Cristiano Ronaldo sekarang terancam ancaman FIFA, menjadi buntut dari tindakan protesnya habis wasit tidak memberlakukan gol yang dia buat ke gawang Serbia.

Menurut Corriere dello Sport, yang dilansir Metro, kemampuan ancaman dari FIFA itu kali saja bikin Cristiano Ronaldo terserang larangan main buat tim nasional Portugal di pertandingan-pertandingan penyisihan Piala Dunia yang seterusnya.

Kemampuan ancaman tersebut disebutkan menunjuk pada Pasal 11 dalam Peraturan Kedisplinan FIFA berkaitan ‘Perilaku ofensif atau pelanggaran beberapa prinsip fair play’.

Liga serta club, pula beberapa pemain, official, beberapa anggota atau personal yang yang jalankan peran atas nama mereka, harus taati Laws of the Permainan, Statuta FIFA serta ketentuan, instruksi, panduan, surat selebaran serta ketentuan dari FIFA; demikian juga mereka harus taati beberapa prinsip fair play, kesetiaan, serta reliabilitas.”

Aksi Cristiano Ronaldo lakukan protes keras ke wasit, yang berakhir kartu kuning, termaksud menerpa ban kapten saat ingin tinggalkan lapangan saat sebelum pertandingan usai, dikira penuhi persyaratan kemampuan ancaman dalam pelanggaran pasal FIFA itu.

Peristiwa protes Cristiano Ronaldo ke wasit sendiri berlangsung saat Portugal sama 2-2 musuh Serbia di pertandingan penyisihan Piala Dunia. Ronaldo mengoper bola melalui garis gawang di injury time mendekati pertandingan usai, dengan Aleksandar Mitrovic mengusahakan sapu sang kulit bulat, tetapi wasit tidak memandangnya menjadi gol.

Ketika itu pula Cristiano Ronaldo lakukan protes ke wasit Danny Makkelie yang pimpin laga. Gara-gara protes itu CR7 bisa acungan kartu kuning dari sang pengadil lapangan.

Laga itu berjalan tidak ada VAR ataupun tehnologi garis gawang. Dalam kata lain, semuanya ketentuan diambil berdasar penilaian wasit serta hakim garis di dalam lapangan permainan.

Sehabis pertandingan, Fernando Santos sebagai pelatih Portugal ungkap kalau wasit Danny Makkelie udah memohon maaf lantaran tidak memberlakukan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Serbia.

“Benar-benar sulit diolah kalau dalam suatu tempat sebesar ini, lantaran kami menargetkan Piala Dunia, tidak ada VAR atau tehnologi garis gawang. Juga ini sebagai salah satu soal yang dia (wasit) tuturkan ke saya di atas lapangan, kalau tidak ada tehnologi garis gawang, meskipun sebenarnya itu perlu sekali. Selanjutnya dia meminta maaf ke saya.”

Dalam peluang berlainan, wasit Danny Makkelie pula memvalidasi permohonan maaf dari dianya sendiri. Dia juga mengakui udah usaha sebaik-baiknya pimpin laga, dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada.

“Menunjuk pada peraturan FIFA yang dapat saya tuturkan merupakan saya memohon maaf ke pelatih tim nasional Portugal, Fernando Santos, serta team Portugal atas sesuatu yang berlangsung. Saya menjadi wasit selalu bekerja giat mau bikin ketentuan yang terunggul,” kata Makkelie ke A Bola dilansir dari Football Italia.

Hal semacam itu tidak mengganti realitas kalau Portugal harus ikhlas main seri 2-2 musuh Serbia hingga bisa satu point tambahan saja. Sekarang ini Serbia serta Portugal pimpin klassemen Kelompok A dalam penyisihan Piala Dunia, sama dengan 4 point.

About penulis77