Home / Berita Umum / Hakim Mengatakan Satu Terdakwa Di Vonis Bebas

Hakim Mengatakan Satu Terdakwa Di Vonis Bebas

Hakim Mengatakan Satu Terdakwa Di Vonis Bebas – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung Suwanto mengetuk palu sinyal berakhirnya sidang lima terdakwa masalah pengeroyokan pada Haringga Sirla. Sebelum mengetuk palu, hakim mengatakan satu terdakwa yang masihlah dibawah usia bebas.

Anak yang divonis bebas adalah NFS (16). Ia terlepas dari hukuman sehabis hakim memvonis dianya tidak bersalah dalam sidang putusan yang diadakan tempo hari.

“Membebaskan pemeran anak satu (NSF) dari semua gugatan, serta tuntutan,” kata Suwanto waktu membacakan amar putusannya.

Dalam putusannya itu, hakim ikut memerintah supaya nama baik, hak dan martabat NSF dipulihkan dari semua tuntutan hukum.

“Menimbang supaya nama baik terdakwa dibuat bersih dari semua tuntutan,” kata hakim.

Putusan hakim memang berbanding terbalik dengan jaksa. Jaksa malahan menuding NFS berperan. Bahkan juga dalam dakwaannya, NFS turut bersama mengerjakan pengeroyokan. NFS bertindak menendang korban yang udah terkulai lemas tidak berkemampuan.

Bahkan juga jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung memberikannya tuntutan yang cukuplah berat terhadap NFS sebelum sidang vonis diadakan. NFS dituntut 3 tahun bui sebab dapat dibuktikan bersalah sesuai dengan Masalah 170 KUHP ayat (3) ke-2 terkait pengeroyokan sampai wafat.

Atas putusan hakim itu, jaksa yang di pimpin Melur Kimaharandika itu keberatan. Jaksa akan ajukan kasasi atas putusan hakim. Sesaat pihak terdakwa mengatakan terima atas putusannya.

Tidak cuman memvonis bebas, hakim dalam sidang putusan ikut memvonis empat terdakwa yang lain. Ke empat anak yang divonis ialah SH hukuman 4 tahun bui, AR 4 tahun, TD 3 tahun serta AF saat 3 tahun bui. Mereka dapat dibuktikan bersalah sesuai dengan Masalah 170 KUHP ayat (2) ke-3 terkait pengeroyokan sampai wafat.

About admin