Home / kesehatan / Hapuskan Apotek Rakyat

Hapuskan Apotek Rakyat

Beberapa pelanggaran praktik kefarmasian dijalani pengelola apotek rakyat pada benyak tempat. Tak hanya menjual bebas obat-obatan yang semestinya menggunakan resep dokter, apotek rakyat juga jadi tempat peredaran obat ilegal.

Maka dari itu, adanya apotek rakyat akan ditiadakan. Koesmedi Priharto pada hari Jumat (9/9), mengungkapkan bahwa usulan mengenai apotek rakyat ditiadakan serta pencabutan peraturan menteri kesehatan (permenkes) mengenai apotek rakyat telah disampaikan pada Gubernur DKI Jakarta. ”Usulan pencabutan bakalan dikatakan pada Menteri Kesehatan,” katanya.

Usulan pencabutan permenkes tersebut dikarenakan pelaku apotek rakyat menjalani banyak pelanggaran aturan. Tak hanya menjual bebas obat yang semestinya memakai resep dokter, ditemukan juga obat kedaluwarsa serta obat ilegal yang diperdagangkan.

Apotek rakyat, ujar Koesmedi, dahulunya diadakan sebab belum ada sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebab obat-obatan telah ada pada layanan JKN yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, apotek rakyat seharusnya ditiadakan.

About admin