Home / kesehatan / Hati – Hati Kanker Usus

Hati – Hati Kanker Usus

Hati – Hati Kanker Usus – Kanker usus besar di stadium awal biasanya tidak menimbulkan keluhan yang berarti. Oleh sebab itu deteksi secepatnya penyakit itu butuh sekali untuk dilakukan. Berhati – hatilah dengan beberapa gejala yang dapat dicurigai sebagai kanker usus besar. Menurut dokter bedah digestive dari Rumah Sakit.Pondok Indah Jakarta yakni bernama Eko Priatno mengungkapkan bahwa kanker usus besar merupakan penyakit yang dapat diobati apabila ditemukan saat stadium dini.

Ada banyak perubahan pada pola buang air besar (BAB) yang perlu diketahui . “Curiga apabila diare terus – menerus, buang air besar dengan mengeluarkan darah, sulit BAB yang menimbulkan bentuk feses kecil-kecil, dan ada sumbatan di sekitar usus, ujarnya ketika acara media edukasi tentang bedah pada kanker usus besar di Jakarta.

Keluhan BAB yang mengeluarkan darah memang serupa dengan penyakit wasir. Untuk lebih jelasnya sebaiknya periksa ke dokter ketimbang meminum obat yang dijual dengan bebas. Sebaiknya jalani pemeriksaan colok dubur. Apabila memang terdapat tumor terasa beda. Apabila wasir umumnya lembek, berbeda dengan tumor keras serta rapuh,jelasnya.

Deteksi sedini mungkin sebaiknya dimulai pada umur 50 tahun, namun ini berlaku untuk mereka yang tak mempunyai riwayat kanker dalam keluarga. Apabila di keluarga terdapat riwayat kanker, awalilah mulai umur 40 tahun, ungkap dokter lulusan spesialis bedah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2014 ini.

About admin