Home / Uncategorized / Kapal Perang AS Provokasi China

Kapal Perang AS Provokasi China

Ketegangan di daerah rawan konflik, Laut China Selatan, kemarin meningkat secara drastis, yakni akibat sebuah manuver dari Amerika Serikat. Militer AS tersebut telah mengirim kapal penghancur USS Lassen untuk mendekati kepulauan Spratly, daerah hasil reklamasi pemerintah China. Kapal penghancur ini telah mencapai jarak 12 mil laut dari terumbu karang Subi, yang ada di pinggir Spratly. Akibatnya, pemerintah China langsung menyiagakan kapal perang mereka untuk bisa membuntuti USS Lassen.

 

Kapal perang milik AS ini di anggap Beijing, adalah sebagai “Aksi secara seoihak yang berusaha memiliterisasi daerah Laut China Selatan,” tulis Kementrian Pertahanan China lewat laman resminya.

 

“China telah mendesak AS untuk menghormati posisi China, untyuk segera memperbaiki kesalahan seperti ini serta tidak mmengambil langkah yang berbahaya ataupun provokatif pada masa yang akan datang yang bisa mengancam kedaulatan serta kepentingan nasional China,” imbuh keterangan Beijing.

 

Pejabat Kementrian Pertahanan Amerika telah membenarkan sengaja mengirim kapal USS Lassen ke daerah sengketa tersebut. Alasannya ialah memancing reaksi dari China, dan juga menegaskan hak setiap bangsa untuk berlayar secara bebas di kawasan tersebut. “Operasi ini memang telah dimulai, rencananya pemantauan seperti ini hanya berlangsung selama beberapa jam,” ujar salah seorang petinggi AS yang telah menolak di sebut namanya.

About admin