Home / indonesia / Keinginan Jadi Ibu Ideal

Keinginan Jadi Ibu Ideal

Kaum hawa memang rentan dihinggapi perasaan cemas serta stres. Pada mereka yang telah menjadi ibu, rasa cemas itu semakin tambah disertai dengan kekhawatiran apakah mereka sudah jadi ibu ideal untuk keluarganya.

Tekanan yang terjadi pada ibu, berdasarkan psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, dapat timbul dari diri sendiri serta lingkungan luar. Faktor dari dalam diantara adalah semua pengalaman sebelum jadi ibu, contohnya saja pendidikan, maupun pola mengasuh yang diterima saat ia masih anak-anak. Semua itu bakal menjadikan tekanan yang dialami dari dalam.

Target pribadi masing – masing ibu pasti berbeda-beda, tergantung dengan latar belakangnya. Apabila dahulu ibunya merasa waktu kecilnya sulit, sekolah dengan berjalan kaki, maupun ada cita-cita khusus yang tak tergapai, maka itu bakal menjadi target pribadi ibu ketika mempunyai anak nantinya,” ujar Vera.

Tak hanya itu, faktor dari luar malah lebih banyak lagi macamnya, mulai dari komunitas sesama ibu yang dengan tak langsung kerap membandingkan anaknya, sosial media, keluarga besar, hingga kritikan dari suami. Putri Indonesia 2004, juga mengalami tekanan dari dalam diri. “apabila saya pressure-nya seperti rasa ragu apakah telah memberikan yang terbaik, apakah telah cukup member ilmu serta bekal supaya anak jadi pribadi yang mandiri,” ujar ibu dari Ebi serta Zoe itu.

About admin