Home / kesehatan / Keluhan Obesitas Pada Remaja

Keluhan Obesitas Pada Remaja

Menurut rekan – rekan seumuran serta juga orang lain yang berada di luar lingkungan keluarganya dengan penampilan fisik, amatlah berpengaruh pada percaya diri sebagian anak. Pada umur pra-remaja, performa fisik misalnya berat badan maupun penampilan kulit, jadi salah satu yang dinilai penting untuk diterima pada pergaulannya.

Tak heran apabila berdasarkan sebuah penelitian, beberapa anak dengan umur pra-remaja, 8 hingga 10 tahun, yang menginginkan turunnya berat badannya, meskipun sebetulnya berat badannya ada pada kriteria ideal.

Peran orangtua amatlah penting demi memberi arti bahwa kesehatan jauh terpenting ketimbang penampilan tubuh sehingga dia merasakan kenyamanan dengan penampilan tubuhnya. Apabila anak memang terjadi obesitas, orangtua memang harus memberikan support dalam penurunan berat badan. Namun yang ditekankan yakni adalah alasan kesehatan, bukannya disebabkan oleh memperbaiki performa fisik,” ujar psikolog remaja serta keluarga Sutji Sosrowardojo. Sutji mengungkapkan bahwa obesitas kepada anak dapat dikarenakan oleh faktor gen maupun karena pola hidup yang tak sehat, contohnya saja kurang gerak, pola makan yang tak sehat, serta lebih banyak melihat TV maupun bermain games. Apabila orangtua yang keturunan gemuk, jadikan penurunan berat badan itu menjadi agenda dengan dapat dilakukan bersamaan,” ungkapnya.

About admin