Home / internasional / Kemterian Pertahan Russia Memastikan Ketua Grup Isis Tewas

Kemterian Pertahan Russia Memastikan Ketua Grup Isis Tewas

Kemterian Pertahan Russia Memastikan Ketua Grup Isis Tewas – Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat (16/6/2017), memberikan laporan, militernya telah mengonfirmasi kalau pemimpin grup Negara Islam di Irak serta Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi di pastikan tewas.

Kepastian itu didasarkan pada hasil kontrol info berkaitan serangan hawa yang dijalankan pada 28 Mei 2017, yang membidik pertemuan “dewan militer” ISIS di pinggir kota Raqqa, Suria utara.

” Menurut info yang saat ini di check lewat bermacam saluran, ikut ada dalam pertemuan itu yaitu pemimpin ISIS, yakni Abu Bakar al-Baghdadi, yang sudah tewas jadi hasil serangan hawa itu, ” sekian info pihak Rusia itu lewat sosial media, Facebook.

Terlebih dulu Kementerian Pertahanan Rusia belum seutuhnya percaya, serta mengakui ” tengah mengecek info ” berkenaan satu buah serangan hawa negaranya di dekat Raqqa, Suriah, yang peluang sudah membunuh pemimpin ISIS, akhir Mei lantas.

Tetapi, pada Jumat, Rusia mengonfirmasi kalau serangan hawa itu benar sudah menewaskan Baghdadi. Serangan di luncurkan sesudah pasukan Rusia di Suriah terima info intelijen begitu peka kalau pertemuan dewan pemimpin ISIS tengah direncanakan.

” Pada 28 Mei, sesudah pesawat tidak berawak difungsikan untuk mengkonfirmasi info berkaitan tempat serta saat pertemuan beberapa pemimpin ISIS, pada jam 00 : 35 serta 00 : 45 saat setempat, Angkatan Hawa Rusia memperlancarkan serangan ke titik yang diperintahkan dimana beberapa pemimpin ISIS ada, ” tulis Kementerian Pertahanan Rusia.

Disamping itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Perkumpulan (AS) yang melawan ISIS mengakui tidak bisa mengkonfirmasi laporan Rusia kalau Baghdadi mungkin saja sudah terbunuh.

Serangan itu dipercaya sudah membunuh sebagian pemimpin senior serta pemimpin level menengah ISIS.

Sekitar 30 komandan lapangan (pemimpin level menengah) serta lebih dari 300 penjaga pribadi mereka tewas dalam serangan itu, sekian Kementerian Pertahanan Rusia.

Pernyataan itu juga katakan, beberapa pemimpin ISIS sudah berkumpul di pusat komando mereka, di pinggir selatan Raqqa, untuk mengulas rute mundur agresif dari kota itu.

AS diberitahu terlebih dulu berkenaan tempat serta saat serangan itu, kata militer Rusia.

Agresif ISIS nyaris mendekati kekalahan di ibu kota kembar lokasi grup itu, yakni kota Mosul di Irak serta Raqqa di Suriah.

Dua kota itu semasing jadikan ibu kota kekhalifahan mereka.

Pasukan Rusia mensupport pemerintah Suriah dibawah kepemimpinan Presiden Bashar Al-Assad yang berperang melawan ISIS, terlebih dari bagian barat. Sedang, pasukan koalisi pimpinan AS mensupport pasukan pemerintah Irak yang berperang melawan ISIS dari bagian timur Suriah.

Cuplikan rekaman gambar umum paling akhir Baghdadi tunjukkan dirinnya pada th. 2014 memakai pakaian jubah berwarna hitam serta menginformasikan kekhalifahannya dari mimbar Masjid al-Nuri yang di bangun pada era pertengahan di Mosul.

Dengan nama lahir Ibrahim al-Samarrai, Baghdadi yaitu seseorang warga negara Irak berumur 46 th. itu memisahkan diri dari Al Qaeda pada 2013, dua th. sesudah penangkapan serta pembunuhan Osama bin Laden.

Baca : Pasukan Koalisi AS Belum Dapat Yakinkan Kematian Baghdadi

Rami Abdul Rahman, Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR), menyangsikan laporan kalau Baghdadi mungkin saja sudah terbunuh.

Dia menyampaikan kalau menurut infonya, Baghdadi ada pada sisi beda Suriah pada akhir Mei 2017.

” Infonya yaitu kalau pada akhir bln. lantas Baghdadi ada di Deir al-Zor, di daerah pada Deir al-Zor serta Irak, di lokasi Suriah, ” ujarnya lewat sambungan telepon pada Reuters.

Mempertanyakan apa yang bakal dijalankan Baghdadi di tempat itu, dia berkata, ” Apakah masuk akal kalau Baghdadi bakal meletakkan dianya ditempat yang susah diantara tempat pasukan koalisi (pimpinan AS) serta Rusia? “

About admin