Home / kesehatan / Kesehatan Jiwa Sejak Dalam Kandungan

Kesehatan Jiwa Sejak Dalam Kandungan

Perkembangan fisik serta psikis anak amatlah menentukan masa depan mereka. Adapun tumbuh kembang kejiwaan anak sudah dimulai semenjak ada dalam kandungan.

Tumbuh kembang kejiwaan anak tergantung pada faktor biologis, psikologis, serta sosial,” ungkap dokter spesialis kejiwaan anak Maria Poluan. Faktor biologis berhubungan dengan tumbuh kembang fisik anak mulai dari dalam kandungan, sedangkan faktor psikologis serta sosial dibentuk mulai ia lahir di dunia.

Seorang Dokter spesialis yakni bernama Pradipta menjelaskan bahwa mencegah gangguan kejiwaan anak dapat dimulai dari masa kehamilan, di antaranya memastikan kandungan gizi lebih dari 900 kalori dan menghindari alkohol serta rokok. “Ibu hamil juga disarankan untuk mekan makanan yang mengandung asam folat demi mencegah kelainan otak,” katanya.

Alkohol, rokok, serta paparan merkuri pada ibu hamil memiliki resiko pada masalah mental anak nantinya, yaitu attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). ADHD merupakan masalah tumbuh kembang pada anak, diantaranya adalah kurangnya kemampuan berkonsentrasi serta cenderung impulsif.

Mengkonsumsi obat yang tak tepat ketika masa kehamilan juga memiliki peluang untuk mengganggu jiwa anak, contohnya saja obat antidepresan serta anti epilepsi. Obat itu dapat mengganggu tumbuh kembang saraf janin.

About admin