Home / indonesia / Kualitas Sungai Ciliwung

Kualitas Sungai Ciliwung

Anak-anak yang main – main di sekitar aliran Sungai Ciliwung jadi tontonan yang tidak baik. Karena biasanya, aliran sungai Ciliwung yang berwarna kotor serta dipenuhi dengan sampah. Saat ini, beberapa kali telah bersih dari tumpukan sampah.

Anak-anak pun dengan bebasnya main – main di area sekitar sungai tersebut. Akan tetapi, amankah anak-anak main – main air sungai tersebut? Junaedi menjelaskan bahwa instansinya dengan bertahap mengukur mutu dari air sungai. BPLHD telah mengukur mutu air dari 8 aliran sungai yang berada pada kawasan  Jakarta. Kini sisa 5 aliran sungai lagi yang bakal diukur kualitas airnya pada tahun ini.

Perolehan kemarin, hampir 70 persen pencemaran diperoleh dari limbah rumah tangga,” ungkap Junaidi. Ketika melakukan pengecekan, BPLHD biasanya bakal membawa contoh air ke laboratorium serta menentukan limbah yang ada di dalamnya. Limbah yang terdapat dalam air pun umunya ada dua macam yakni diantaranya adalah limbah rumah tangga serta limbah industri.

Jadi apabila fisik sungainya memanglah sudah makin baik, namun apabila mutu airnya kan belum,” ungkap Junaidi. Akan tetapi, hal ini bukanlah berarti BPLHD melarang masyarakat untuk main – main di kali. Junaidi memperjelas bahwa pihaknya tak mempunyai wewenang untuk itu. Hal yang pastinya, ujar Junaidi, air pada aliran sungai di Jakarta masih kaya akan limbah.

About admin