Home / kesehatan / Kurang Tidur Mempengaruhi Napsu Makan

Kurang Tidur Mempengaruhi Napsu Makan

Kurang Tidur Mempengaruhi Napsu Makan – Pola tidur ternyata ikut mempengaruhi pola makan seseorang. Sebuah penelitian mengungkapkan orang yang kurang tidur pada malam hari keesokan harinya akan makan dengan berlebihan. Hal itu terjadi karena kurang tidur terbukti dapat merangsang produksi hormone ghrelin.

Hormon Ghrelin adalah hormon yang memberikan sinyal rasa lapar ke otak dan meningkatkan napsu makan. Sementara itu jika seseorang cukup tidur maka akan lebih sedikit kalori yang akan dimakannya. Kualitas diet dipengaruhi oleh kualitas tidur. Penelitian tersebut menguatkan temuan bahwa orang yang kurang tidur akan lebih beresiko mengalami kenaikan berat badan dan menjadi obesitas.

Begitu pula sebaliknya yakni pola makan yang mempengaruhi kualitas tidur. Berdasarkan penelitian orang yang banyak makan lemak dan makan – makanan manis akan memiliki kualitas tidur yang buruk pada malam harinya. Sedangkan mereka yang rajin mengasup makanan rendah lemak dan tinggi serat akan tidur lebih nyenyak.

Sebuah penelitian menemukan orang yang mengkonsumsi makanan tinggi akan lemak butuh waktu 29 menit untuk bisa tertidur sedangkan yang mengkonsumsi makanan bergizi seimbang membutuhkan waktu 17 menit untuk bisa tertidur. Pola makan mempengaruhi kualitas tidur dan memberikan implikasi kesehatan yang luar biasa.

About admin