Home / Berita Umum / Kursus Penyembelihan Hewan Kurban Di Surabaya

Kursus Penyembelihan Hewan Kurban Di Surabaya

Kursus Penyembelihan Hewan Kurban Di Surabaya – Menyongsong Hari Raya Idul Adha, sekitar 250 takmir masjid se-Surabaya ikuti kursus penyembelihan hewan kurban. Kursus ini untuk memberikan edukasi beberapa takmir bagaimana pengetahuan menyembelih sesuai dengan syariat Islam.

” Kami ingin memberi pengetahuan pada penduduk bagaimana menyembelih sesuai dengan syariat islam, supaya daging juga halal. Diluar itu ada banyak pengetahuan yang lain, berkaitan kebersihan sapi ataupun lingkungan, ” tutur Direktur Layanan serta Niaga PD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya Bela Bima Ferial Java di Surabaya, Minggu (5/8/2018).

Bima memberikan kursus ini terpenting mengingat masih tetap ada banyak penduduk yang kurang mengerti proses penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat. Untuk mengoptimalkan hal seperti ini, kursus juga dikerjakan dua hari semenjak tempo hari.

Contohnya pada hari pertama, peserta mendapatkan materi syariat memotong hewan, langkah pilih sapi yang sehat sampai strategi merobohkan sapi yang disembelih. Kursus ini dilanjut materi mengerti supaya tidak stres, juga langkah pemrosesan daging sapi yang benar untuk memisahkan jeroan sapi yang berpenyakit.

Pada hari pertama tempo hari sifatnya cuma materi. Seperti triknya menyembelih hewan kurban, selalu tehnik merobohkan sapi, mengurus sisi daging, serta jeroan yang mempunyai kelainan atau berpenyakit, ” paparnya.

Untuk hari ke-2, peserta dibawa untuk praktek menyembelih hewan kurban. Tidak cuma itu, panitia juga sudah menyiapkan hewan kurban. Dalam hal seperti ini, Bima memberikan beberapa peserta belum juga memahami bagaimana tehnik merobohkan sapi.

” Hal yang kecil saja, seperti merobohkan hewan kurban. Itu ada banyak yang salah serta kurang memperhatikan kesejahteraan hewan yang akan disembelih. Karena didalam panduan kan jelas, jika jangan pernah menyakiti lah. Kerjakan lewat cara yang baik. Barusan, kami sampaikan tehnik merobohkan sapi dengan seutas tali, ” tutur Bima.

Dari digelarnya acara ini, Bima mengharap daging yang disembelih sudah penuhi unsur ASUH yaitu Aman, Sehat, Utuh, serta Halal. Dia juga ingin memperingatkan penduduk pentingnya kebersihan lingkungan tempat penyembelihan hewan kurban. Ini terpenting supaya daging tidak tercemar bakteri.

Selain itu, di tahun ini RPH menyiapkan 100 ekor sapi dengan harga beragam. Dari mulai Rp 17 juta sampai Rp 40 juta. Di peluang yang sama, ada juga bazar alat penyembelihan hewan kurban seprti tali, pisau, sampai batu asah.

About admin