Home / Uncategorized / Makanan Khas Tanah Kelahiran Ahok

Makanan Khas Tanah Kelahiran Ahok

Makanan Khas Tanah Kelahiran Ahok – Orang-orang Pulau Belitung menyebutkan hidangan ikan kuah kuning dengan nama ” gangan ketarap ” , sedang orang-orang Pulau Bangka menyebutkan hidangan yang sama juga dengan lempah kuning.

Lalu bumbu seperti lengkuas, bawang merah, kunyit, cabe rawit, serta ada banyak yang lain ditumbuk jadi satu. Buah nanas yang telah dipotong kecil juga jadi sisi dari bumbu. Alhasil rasa asam, pedas, serta fresh demikian merasa dari lempah kuning nanas.

Tidak serupa dengan ikan kuah kuning khas daerah Buton, Sulawesi Tenggara, lempah kuning nanas khas Bangka mempunyai bumbu yang lebih kental serta kuah yang keruh akibat kombinasi bumbu dengan komposisi yang royal.

Tak susah memasak lempah kuning nanas atau gagnan ketarap. Eddrian yang aktif bermain sosial media lewat account Instagram @eddriantjhia bebesar hati memberikannya resep lempah kuning nanas supaya bisa dipraktikkan dirumah.

Lempah kuning khas Bangka

Bahan :

Ikan tenggiri, dapat gunakan bawa, kembung, serta kerisi
Bahan bumbu
6 siung bawang merah
5 cm lengkuas
2 cm kunyit
5 buah cabe rawit
3 cabe merah
Gula, garam seperlunya
Terasi seperlunya
Air asam jawa 1000 ml
1 buah nanas janganlah yg matang

Langkah bikin :

Bersihkan ikan tenggiri, potong steak lantas berikan garam serta diamkan 10 menit, lalu basuh bersih.
Tumbuk halus semuanya bumbu, campur dengan air asam jawa. Godok hingga wangi dengan barah kecil, input nanas (potong tidak tebal) , imbuhkan gula serta garam, lantas tambahkan ikan, masak hingga masak.

About admin