Home / kesehatan / Manfaat Menikah Bagi Penderita Kanker

Manfaat Menikah Bagi Penderita Kanker

Manfaat Menikah Bagi Penderita Kanker – Pasien kanker yang telah lama menikah memiliki peluang bertahan hidup yang lebih tinggi ketimbang yang tidak menikah. Pasalnya, mereka memperoleh dukungan sosial serta emosional yang penting bagi mempertahankan semangat untuk hidup lebih lama.

Begitulah menurut hasil studi terbaru yang mengikutkan hampir 783 ribu penderita kanker ganas di California, Amerika Serikat. Studi ini dilakukan dari tahun 2000 hingga 2009.  Studi itu mencatat bahaya kematian lebih tinggi 27 persen pada laki – laki yang menderita kanker yang tidak menikah. Untuk penderita kanker wanita yang tidak menikah, bahayanya lebih tinggi 19 persen.

Penderita dengan status menikah mempunyai sokongan sosial serta emosional yang lebih baik. Ini adalah faktor penting demi mempertahankan semangat hidup beberapa penderita kanker, ungkap Scarlett Lin Gomez dari Univesity of California tepatnya San Diego yang memimpin studi ini.

Penderita yang menikah sepertinya mempunyai lingkungan yang lebih menyokong untuk mempertahankan hidup. Mereka juga memiliki asuransi kesehatan yang lebih memadai daripada yang tidak menikah. Walaupun begitu, penelitian ini tidaklah vonis kematian untuk penderita kanker dengan status jomblo. Selama penderita itu dapat menggunakan pergaulannya, jadi harapan hidup dapat meningkat, terutama untuk penderita laki – laki, tambah Maria Elena Martinez dari University of California yang ikut serta dalam studi itu.

About admin