Home / kesehatan / Masalah Sembelit Karena Makanan

Masalah Sembelit Karena Makanan

Tidak ada yang membuat kita bahagia jika berhubungan dengan yang namanya sembelit maupun konstipasi. Tak hanya menjadikan perut kembung serta sakit, ketika sembelit buang air besar dapat jadi hal yang sangat menyakitkan gara-gara membuat kita menjadi sakit.

Memang tak ada satu makanan tunggal yang memiliki pengaruh langsung terhadap konstipasi, namun gaya makan kurang serat serta kurang minum air adalah sebab utama susahnya buang air besar pada mayoritas orang.

Ini adalah berbagai macam makanan yang menjadikan gerakan usus menjadi lambat sehingga akhirnya akan muncul sembelit. Makanan yang cepat saji, makanan yang ada di restoran cepat saji umumnya rendah serat serta tinggi lemak. “Makanan itu memerlukan waktu yang lama untuk dikeluarkan dari lambung,” ujar Leslie Bonci, ahli diet olahraga. Tak hanya itu, makanan cepat saji juga tinggi sodium sehingga menghilangkan air untuk mendorong kotoran menuju usus besar.

Produk susu misalnya keju, es krim, serta susu, dapat menjadikan urusan ke belakang mengalami gangguan. Namun, sebaliknya pada orang yang laktosa intoleran, makan susu malah menimbulkan diare. Tidak semua produk susu mesti kita hindari, yogurt misalnya, malah memiliki dampak yang baik untuk pencernaan.

About admin