Home / internasional / Menteri Malaysia Meyetujui Menghapus Hukuman Mati

Menteri Malaysia Meyetujui Menghapus Hukuman Mati

Menteri Malaysia Meyetujui Menghapus Hukuman Mati – Pemerintah Malaysia sudah akan memutus untuk menghapuskan hukuman mati. Perancangan Undang-Undang (RUU) tentang penghilangan itu akan selekasnya diserahkan ke parlemen untuk dibicarakan.

Menteri yang bertanggungjawab untuk masalah hukum di Departemen Perdana Menteri (PM), Liew Vui Keong menjelaskan, permasalahan itu sudah dibicarakan dalam rapat Kabinet pada Rabu (10/10) pagi.

“Semua hukuman mati akan dihapuskan. Titik,” tutur Liew dalam satu acara di Universiti Malaya seperti dikabarkan Malay Mail serta dikutip Channel News Asia, Kamis (11/10/2018).

“Semua berkas-bekas telah dalam step akhir. Jaksa Agung ikut sudah memberikan indikasi pada kami jika itu siap untuk diserahkan, mudah-mudahan dalam session (parlemen) ini,” paparnya. Session sidang parlemen itu akan diawali pada Senin (15/10) yang akan datang.

Menteri Malaysia itu ikut mengatakan moratorium untuk semua eksekusi mati sampai hukuman mati betul-betul dihapuskan. “Sebab kita tengah meniadakan hukuman itu, semua eksekusi mati tidak bisa dikerjakan,” tegasnya.

“Kami akan memberitahukan pada Dewan Pengampunan untuk lihat beberapa aplikasi untuk terpidana dalam rincian nantikan (hukuman mati) apa akan diringankan atau dibebaskan,” katanya.

Malaysia sampai kini mengaplikasikan hukuman mati untuk kejahatan-kejahatan seperti pembunuhan serta peredaran narkoba. Sesudah memenangkan penentuan umum pada Mei lantas, pemerintahan Pakatan Keinginan mengatakan akan mengevaluasi lagi hukuman mati serta UU keamanan nasional yang lain yang “tidak pas”.

Bulan lantas, PM Malaysia Mahathir Mohamad membela seseorang pria yang melawan hukuman mati sebab jual minyak ganja pada beberapa pasien. Mahathir menjelaskan jika hukuman itu mesti dilihat lagi

About admin