Home / kesehatan / Metode Menghilangkan Kotoran Telinga

Metode Menghilangkan Kotoran Telinga

Metode Menghilangkan Kotoran Telinga – Kotoran telinga merupakan kombinasi dari cerumen, yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous demi menjaga kulit pada telinga Anda lembab, serta sel-sel kulit mati ungkap Ana Kim, M.D yakni seorang direktur penelitian otologik New York eye and ear infirmary di RS Mount Sinai.

Telinga Anda dibuat untuk dapat membersihkan dirinya sendiri dengan metode mendorong kotoran kearah  luar dari kanal telinga, imbuh Maria Suurna, M.D yakni asisten profesor otolaryngology di Weill Cornell Medical College. Oleh sebab itu, membersihkan telinga dengan metode mengorek lubang telinga, bahkan sampai ke bagian dalam, tidaklah dianjurkan. Masalahnya, hal ini bisa mengganggu proses pelepasan kulit mati serta menimbulkan produksi kotoran makin besar.

Alat yang Anda pakai juga bakal mendorong kotoran kembali kembali masuk ke dalam saluran telinga Anda serta berpotensi menimbulkan penyumbatan, ujar Kim. Mengorek-ngorek telinga juga dapat menyebabkan gendang telinga tertusuk, imbuh Suurna. Jadi, lupakanlah cara pembersihan telinga dengan metode mengorek-ngoreknya.

Metode lainnya  yang harus Anda hindari yaitu pemakaian jarum suntik dan air, serta cara pemanasan lilin. Orang berpikir, dengan cara pemanasan lilin, kotoran bakal mencair dan keluar dari telinga secara gampang.  Faktanya, cara ini lebih banyak beresiko ketimbang manfaatnya “Panas berpotensi membakar gendang telinga Anda, juga menimbulkan kotoran terjebak di dalam telinga serta menimbulkan masalah yang lebih besar, ungkap Kim.

About admin