Home / Berita Umum / Ombudsman: Sel Novanto Mewah dan Tak Digembok

Ombudsman: Sel Novanto Mewah dan Tak Digembok

Ombudsman: Sel Novanto Mewah dan Tak Digembok – Waktu sidak ke Lapas Sukamiskin, Ombudsman merasakan kamar tahanan terpidana perkara korupsi KTP elektronik Setya Novanto semakin besar serta lebih lux dari kamar tahanan narapidana yang lain. Ombudsman juga merasakan sel Novanto serta narapidana yang lain tidak dikunci.

” Menjadi kamarnya mereka memang tidak dikunci. Menjadi yg dikunci cuma selasarnya. Terus Mereka bebas di selasar sampai malam. Saya kan pulang lebih kurang jam 23. 00 WIB itu, mereka (narapidana) tetap di selasar, ” kata anggota Ombudsman Ninik Rahayu melalui telephone, Sabtu (15/9/2018) .

Menurut Ninik, baku operasional mekanisme (SOP) dalam lapas mestinya jam 17. 00 WIB selasar udah ditutup serta sel dikunci. Tetapi di Sukamiskin, banyak penghuni malahan leluasa keluar-masuk kamar.

Ombudsman pada Kamis (13/9) memang lakukan sidak di lapas lokasi Jawa Barat, yaitu Lapas Wanita Sukamiskin, Lapas Pria Sukamiskin serta Lapas Narkotika Banceuy. Sidak di pimpin Ninik didampingi kepala perwakilan serta 11 asisten dari Ombudsman.

” Kan saya sidak di sejumlah tempat, menjadi saya banding bagaimana. Itu beda. Kalaupun yang lain kan jam 5 sore masuk kamar, dikunci. Ini tidak, ” tuturnya.

Waktu sidak di kamar Novanto, Ombudsman memperoleh penemuan mengagetkan. Kamar sel sisa Ketua Umum Partai Golkar itu nyatanya termasuk lux. Terpidana tipikor yang eks Bendahara Partai Demokrat M Nazaruddin bahkan juga tengah nongkrong di kamar Setya Novanto waktu Ombudsman sidak.

Sel Novanto tersebut terlihat luas. Di dalamnya ada kasur serta sprei warna putih dan exhaust fan. Ada juga rack buku sampai meja kerja komplet dengan kursinya.

Waktu di tanya, Nanik mengakui tidak mengerti ukuran tentunya kamar sel Novanto. Tetapi menurut dia, luasnya kedua kalinya semakin besar dari sel yang lain. Bila sel berbeda klosetnya jongkok, di kamar Novanto menurut Nanik ada kloset duduk.

Walaupun lebih luas, Ninik menyebutkan tdk ada sarana lux yg ada pada kamar terpidana perkara korupsi e-KTP itu. Diakui dia tidak temukan barang lux di sel itu contohnya tv.

About admin