Home / Berita Umum / Pemusnahan 13,5 Hektare Ladang Ganja di Aceh dengan Cara Dibakar

Pemusnahan 13,5 Hektare Ladang Ganja di Aceh dengan Cara Dibakar

Pemusnahan 13,5 Hektare Ladang Ganja di Aceh dengan Cara Dibakar – Polisi menghancurkan 13,5 hektare ladang ganja di Kabupaten Bireun serta Aceh Utara, Aceh. Penemuan ladang ini adalah hasil peningkatan 9 terduga sindikat penyelundup ganja yang diamankan di Tangerang, Garut serta Jakarta.

Di Kabupaten Aceh Utara, petugas menghancurkan tiga hektare lebih tempat ganja basah di dua titik berlainan di Dusun Uteun Punti, Desa Sawang. Sesaat di Kabupaten Bireun, petugas sukses menghajar 10 hektar tempat di tiga titik di lokasi rimba Kecamatan Peulimbang.

Operasi saat tiga ini hari dikerjakan team BNN pusat bersama dengan Polri, TNI dan tokoh penduduk seputar tempat serta di pimpin langsung oleh Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Victor J. Lasut.

Beberapa puluh petugas bergerak dari Kota Lhokseumawe ke arah ladang ganja di Dusun Uteun Punti, Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Aceh Utara dengan menghabiskan waktu 1,5 jam. Sampai dititik kumpul, lalu petugas berjalan kaki sejauh 1 km. sampai mesti seberangi sungai dengan arus deras supaya datang di tempat.

Ganja basah itu dicabut serta disatukan untuk dihilangkan lewat cara di bakar. Sesaat di Bireun, petugas mesti lakukan perjalanan dari permukiman masyarakat ke tempat saat tiga jam. Jarak tempuh pada titik satu dengan yang lain ikut menghabiskan waktu 30 menit.

“Penemuan ini adalah hasil penyidikan dan peningkatan dari 9 orang terduga yang diamankan di lokasi Tangerang, Garut serta Jakarta. Barang yang kita temukan didapati diambil di Aceh yaitu di tempat sekarang ini kita musnahkan,” kata Brigjen Victor J. Lasut pada detikcom di tempat.

Victor memberikan keseluruhan keseluruhnya dari 13,5 hektar ladang itu sampai 235 ton ganja basah. Jumlahnya ini terwujud sesudah dikerjakan hitungan jumlahnya batang serta berat ganja pada sebuah mtr. perseginya.

“Kita berikan pada penduduk supaya tidak menanam kembali tanaman ganja itu. Ke depan, tempat yang arsip ini ditanami dengan tanaman produktif yang lain,” ucap Victor.

Diluar itu, ia ikut nanti akan mencari jalan keluar supaya penduduk lebih aktif menanam tanaman berguna dengan beberapa program yang berada di BNN.

“Tempat ini kelak kita berikan ke BNNK untuk jadikan tempat produktif dan ajak penduduk bertindak aktif menantang narkoba,” lebih Victor.

About admin