Home / kesehatan / Penilaian Terhadap Diri Sendiri

Penilaian Terhadap Diri Sendiri

Kadang – kadang, ada seseorang yang merasa bahwa rekannya maupun orang lain lebih memahami dirinya daripada dirinya sendiri. Anda pun kadang – kadang jadi bingung melihat hal yang seperti ini. Akan tetapi, sebetulnya ini berkaitan dengan penilaian sosial.

Ronald E. Riggio, Ph.D., salah satu profesor di Claremont McKenna College, menjelaskan bahwa tiga faktor utama yang mengatakan mengapa bisa orang lain tahu Anda lebih dari diri sendiri. Penipuan diri serta penilaian diri. Dengan tidak disadari, kita cukup protektif dengan penilaian diri yang timbul dari pemikiran sendiri.

Pada umumnya seseorang bakalan mempertahankan penilaian positif dengan dirinya. Tak hanya itu, untuk  orang yang telah kita kenal dekat, pastinya bakalan melihat sifat buruk yang ada pada diri Anda. Mereka bakalan mengatakan seperti apa yang mereka ketahui.

Teman yang paling dekat pastinya bakalan mengetahui sikap Anda. Karena, mereka mengamati Anda, Jadi, pantas saja mereka bakalan menyadari pada pola sikap Anda. Karena, pastinya Anda juga tak akan menyadarinya, hanya orang lain yang bakalan menyadarinya. Suatu saat Anda bakalan sadar setelah rekan Anda memberi tahu Anda mengenai diri Anda sendiri.

About admin