Home / kesehatan / Pentingnya Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun maupun biasa disingkat CTPS adalah salah satu langkah penting untuk menghindari timbulnya penyakit infeksi virus ataupun bakteri. Menjelang bulan suci Ramadhan, kebiasaan mencuci tangan memakai sabun pun tidaklah boleh dilupakan.

Dokter Melyarna Putri menjelaskan bahwa kebiasaan cuci tangan amatlah penting, paling utama ketika berbuka puasa. Karena, banyak makanan dalam menu buka puasa yang dikonsumsi secara langsung dengan memakai tangan.

Dengan tidak kita sadari, kuman itu selalu menghantui kita walaupun pada dalam ruangan. Ketika Puasa kita berpendapat bahwa tangan kita tetap bersih, namun tidak benar seperti itu,” ujar Mely saat diskusi di Jakarta pada hari Rabu tanggal 1 juni 2016.

Menurut hasil survei yang dilakukan Lifebuoy, 80 persen makanan untuk buka Puasa merupakan jenis makanan yang biasa dikonsumsi secara langsung dengan tangan, misalnya saja kurma, gorengan, martabak, buah-buahan potong, serta jajanan pasar yang lain.  Evan Rickyanto mengatakan bahwa, hasil survei pun membuktikan hanya 1 dari 10 orang yang mencuci tangan menggunakan sabun sebelum buka puasa. Semua mengetahui bahwa pentingnya mencuci tangan memakai sabun. Namun demikian, saat ketika berbuka puasa, jawaban yang paling banyak yaitu mereka langsung mengambil camilannya,” ujar Evan.

About admin