Home / kesehatan / Penyebab Kram Ketika Berolahraga

Penyebab Kram Ketika Berolahraga

Penyebab Kram Ketika Berolahraga – Rasa nyeri di sekitar otot atau kerap dikenal dengan kram ketika kita berolahraga bisa diakibatkan karena banyak hal, salah satunya dikarenakan kurangnya cairan. Menurut dr.Grace Tumbelaka yakni  spesialis kedokteran olahraga, kram ketika melakukan aktivitas olahraga terjadi karena penggunaan otot khusus secara masif. Sehingga berakibat otot selalu berkontraksi.

Semestinya kontraksi kemudian relaksasi, namun ini kontraksi terus. Namun kram juga kerap kali disebabkan karena kurang pemanasan dan kekurangan cairan dan juga elektrolit, tambahnnya. Untuk menghindari kram, Grace memberikan saran untuk selalu melakukan pemanasan serta minum sebelum berolahraga.

Minum air sebelum, ketika, serta setelah olahraga. Selain itu tiap 20 menit minum kira – kira 200 cc air putih. Sementara itu apabila berolahraga berat atau lebih dari satu jam, makan minum cairan yang mengandung isotonik, ungkap dokter dari RS Jakarta ini. Kekurangan cairan bisa ditandai dengan rasa pusing serta rendahnya konsentrasi.

Cairan isotonik juga dibutuhkan apabila sesudah berolahraga serta kita mengukur berat badan terjadi penurunan hingga 0,5 kilogram. Mengkonsumsilah cairan isotonik 600-700 ml, ujarnya.

About admin