Home / kesehatan / Penyebab Penyakit Katarak

Penyebab Penyakit Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit degeneratif yang biasanya timbul saat usia di atas 50 tahun. Apabila selalu dibiarkan, kekeruhan pada lensa mata itu dapat menimbulkan kebutaan. Gejala – gejala timbulnya semestinya diketahui mulai dini.

Dokter spesialis mata yakni bernama Nasrul Ikhsan mengatakan bahwa gejala timbulnya katarak biasanya penglihatan jadi buram sebab bagian lensa mata keruh. Walaupun ditolong dengan kacamata, penglihatan juga bakalan tetap buram untuk pasien katarak.

Lalu silau melihat cahaya lampu, melihat malam lebih terang ketimbang siang sebab perubahan pupil,” ujar Nasrul setelah acara Kick Off 910 Operasi Katarak di JEC Kedoya, Jakarta pada hari Sabtu. Gejala katarak yang lain adalah timbulnya noda putih di tengah bola mata. Apabila dibiarkan, kekeruhan lensa akan melebar sehingga menimbulkan hilangnya penglihatan. Berdasarkan pendapat Nasrul, apabila telah mengganggu maupun mengeluh sebab penglihatan buram, semestinya secepatnya operasi katarak demi mencegah terjadinya kebutaan.

Jangan sampai (lensa) keruh seluruhnya, nunggu penglihatan buram seluruhnya. Apabila katarak telah keras, lebih susah kemudian hari untuk melakukan operasinya,” kata Nasrul. Usai melakukan operasi, penglihatan pasien juga bisa kembali seperti biasanya.

About admin