Home / kesehatan / Peranan Ayah Pada Perkembangan Anak

Peranan Ayah Pada Perkembangan Anak

Umumnya orang bakal membayangkan figure ibu saat ditanya sosok orangtua yang merawat mereka. Padahal, ayah pada jaman modern ini mengambil peranan yang tidak kalah besar pada mengasuh anak-anaknya. Beberapa anak yang lebih memilih ibu mereka, yang utama ketika anak yang masih kecil, sebab dengan adanya hubungan fisik yang kuat hingga 9 bulan sebelum terlahir di dunia.

Peringatan Hari Ayah internasional, rasanya perlu untuk mengingat kembali bahwa status ayah sama pentingnya pada tumbuh kembang fisik, emosional, serta intelektual, seorang anak. Seorang anak emang bakalan tumbuh jadi pribadi yang dewasa serta lebih tangguh dengan adanya orangtuanya yang lengkap.

Anak membutuhkan ayah sebab figure ayah memberikan suatu yang beda dari ibunya. Anak lelaki menjadikan ayahnya mejadi contoh supaya mereka dapat bersikap sebagai seorang lelaki. Sementara anak wanita melihat ayah mereka sebagai sosok untuk bersosialisasi bersama dunia lelaki.

Penelitian menunjukkan bahwa ayah, maupun adanya ayah, dalam perkembangan anak amatlah penting. Seorang anak yang ayahnya ikut serta dalam membesarkannya, mempunyai kompetensi kognitif (fungsi otak) serta lebih sukses dalam prestasi akademik. Tak hanya itu, anak-anak juga bakal lebih menikmati sekolah dan aktif pada aktivitas ekstrakulikuler.

About admin