Home / kesehatan / Percobaan Bunuh Diri

Percobaan Bunuh Diri

Orang yang mengalami gangguan bipolar mudah sekali melakukan tindakan bunuh diri. Dokter spesialis kedokteran jiwa Nurmiati Amir mengatakan bahwa, 25-60 persen orang yang mengalami gangguan bipolar sempat melakukan tindakan uji coba untuk bunuh diri satu kali pada hidupnya.

Kematian karena bunuh diri dialami sekitar 15-20 persen. Ini yang tak dapat ditolong,” ujar Nurmiati saat diskusi Fenomena Gangguan bipolar Vs Fenomena Bunuh Diri di Kota – kota Besar misalnya Jakarta, pada hari Rabu (22/6/2016).

Terdapat banyak faktor risiko bunuh diri yang mesti diketahui kita. Dengan tahu faktor risikonya, paling tidak orang-orang yang ada di sekitar ataupun di dekat kita dapat menolong mencegah adanya bunuh diri.

Nurmiati mengatakan bahwa percobaan bunuh diri sering dialami oleh pasien yang mengalami episode depresi. Depresi adalah salah satu episode dari masalah bipolar yang disertai dengan kehilangan keinginan serta rasa sedih yang tak kunjun habis. Hampir 60-70 yang meningggal disebabkan oleh bunuh diri yakni pasien depresi,” kata Nurmiati. Ketika depresi dapat timbul halusinasi, merasa putus asa serta menyalahkan diri sendiri, sampai merasa memperoleh bisikan yang menyuruh mereka untuk bunuh diri.

About admin