Home / kesehatan / Perkembangan Otak Ketika Dewasa

Perkembangan Otak Ketika Dewasa

Beberapa ilmuwan tadinya memprediksi bahwa otak berhenti berkembang usai bertahun-tahun awal kehidupan manusia. Akan tetapi, penelitian yang paling baru membuktikan otak dapat membentuk jalur-jalur saraf baru serta menghasilkan neuron pada usia dewasa.

Melakukan olah fisik selama 30 menit tiap harinya maupun meditasi bisa merangsang produksi sinaps (yang tersambung diantara sel otak), makan makanan yang kaya akan antioksidan juga membantu tumbuh kembang otak.

Tak hanya semua itu, terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan demi merangsang pembentukan jalur saraf baru pada otak. Berpuasa, membatasi kadar kalori maupun puasa ternyata meningkatkan pembentukan jalur sel otak baru (plastisitas sinap), merangsang tumbuh kembang sel otak, dan juga mengurangi risiko penyakit penurunan saraf karena terjadinya penuaan.

Saat berpuasa, sistem metabolisme tubuh bakal menurunkan kandungan hormon leptin sehingga otak menerima sinyal supaya neuron memproduksi energi lebih banyak lagi. Bepergian juga memiliki manfaat untuk merangsang terjadinya pembentukan sel otak sebab otak kita terpapar suatu yang baru serta lingkungan yang kompleks. Keadaan yang baru serta menantang menjadikan otak merangsang dendrit (cabang kecil kepada ujung neuron). Melancong ke negera maupun kota yang belum sempat kita kunjungi dapat memberikan rangsangan itu kepada otak.

About admin