Home / indonesia / Permintaan Pembuatan Sumur BOR

Permintaan Pembuatan Sumur BOR

Menjelang bulan Juni 2016, sebanyak 300 desa yang ada di Jawa Timur tercatat telah mengajukan sarana serta prasarana untuk mengatasi datangnya musim kemarau pada tahun ini. Desa-desa itu di antaranya mengajukan permintaan untuk pembuatan sumur bor, geomembran, serta embung.

Tahun yang lalu 541 desa yang diberikan bantuan sebab mengalami kekeringan, semoga tahun ini mengalami penurunan,” ujar Sudarmawan. Menurutnya, musim kemarau di Jawa Timur diperkirakan bakal berjalan normal pada bulan Juli yang akan datang. Untuk itu, BPBD Jatim bakal menyusun rencana aksi untuk menghadapi bencana kekeringan di musim kemarau ini.

“Rencana aksi telah direncanakan dengan BPBD kabupaten/kota dan SKPD teknis provinsi demi memberikan sarana serta prasarana, misalnya saja dengan pembuatan sumur bor, embung, geomembran dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut BMKG ujar Sudarmawan, musim kemarau tahun ini dikatakan sebagai kemarau basah. Ini disebabkan walaupun musim kemarau, namun ada beberapa daerah yang masih terjadi curah hujan dengan jumlah yang ringan hingga sedang.  “Ada pula yang curah hujannya amat tinggi, misalnya di Lumajang serta Banyuwangi, yang berkisar 201-300 milimeter,” katanya.

About admin