Home / indonesia / Rentan Tertular Virus

Rentan Tertular Virus

Penularan infeksi virus ataupun bakteri sangatlah penting untuk kita waspadai ketika kita akan melakukan berpergian. Apalagi apabila melakukan bepergian hingga ke luar negeri, bertemu dengan sejumlah orang dari banyak negara.

Dokter spesialis telinga, hidung, serta tenggorkkan ( THT ), yakni dokter Jeeve Kanagalingam menjelaskan bahwa penularan infeksi ketika berpergian sebetulnya mudah terjadi saat berada dalam pesawat terbang.

Mayoritas orang terserang kuman saat berada dalam pesawat, apalagi jika udara dalam pesawat tak bersih,” ujar Jeeve ketika sela-sela acara Hand Over Ceremony of Betadine di Jakarta pada hari Kamis tanggal 19 Mei 2016.

Menurut penelitian mengungkapkan bahwa kelembaban udara ketika ada di kabin yang rendah menjadikan sistem imun tubuh mengalami penurunan, sehingga mudah sekali untuk terinfeksi kuman ataupun virus. Riset ini mengatakan bahwa kemungkinan terserang penyakit flu di pesawat lebih dari 100 kali lipat ketimbang saat berada di daratan. Jeeve mengungkapkan bahwa untuk menghindari risiko tertularnya infeksi, seestinya memakai masker. Apabila terdapat salah satu penumpang yang terserang flu maupun membawa virus lain, dapat mudah sekali tertular lewat udara. Tak hanya itu, cuci tangan menggunakan antiseptik sebelum ataupun sesudah makan serta setelah dari toilet. Bakteri yang tidak tampak dapat saja ada di kursi pesawat.

About admin