Home / kriminal / Rumah Kontrakan Elegan Tempat Tinggal Para Cyber

Rumah Kontrakan Elegan Tempat Tinggal Para Cyber

Rumah Kontrakan Elegan Tempat Tinggal Para Cyber – Sejumlah 92 warga negara asing asal Cina yang di tangkap di Surabaya karna sangkaan cyber crime ditahan di Kepolisian Daerah Metro Jaya. ” Jumlah aktor yang kami amankan dari Surabaya sekitaran 92 orang, terdiri atas 66 lelaki serta 26 wanita, ” kata Kepala Hubungan Orang-orang Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono pada wartawan pada Minggu, 30 Juli 2017.

Polisi terlebih dulu menggerebek satu tempat tinggal elegan di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mereka menangkap 27 orang warga negara Cina yang disangka ikut serta cyber crime. Polisi juga menangkap lebih dari 30 orang warga negara Cina dalam masalah yang sama di Bali.

Seratusan orang itu di tangkap sesudah Direktorat Tindak Kriminil Spesial Markas Besar Kepolisian RI serta Polda Metro Jaya memperoleh laporan dari kepolisian Cina. Mereka melapor kalau warga Cina yang ada di Indonesia sudah banyak ditipu oleh sindikat cyber crime. Beberapa tersangka umumnya memeras korbannya serta memohon beberapa uang.

Argo menerangkan, pihaknya kirim personel yang di pimpin Ajun Komisaris Besar Susatyo untuk menangkap beberapa tersangka di tiga kota itu. Mereka tinggal di Indonesia mulai sejak awal Januari, sekitaran Februari serta Maret. Tetapi beberapa tersangka tidak mempunyai paspor serta surat yang lain. Sampai kini mereka menyodorkan bukti visa kunjungan ke polisi. Tetapi Argo menyebutkan polisi juga akan meyakinkan bukti diri semuanya tersangka.

Dari masalah ini, polisi memperoleh banyak bukti, dari laptop, iPad, hp, serta beberapa barang bernilai beda. Polisi belum juga meyakinkan berapakah jumlah korban yang sudah diperdayai tersangka. Argo mengira keseluruhan kerugian korban diprediksikan menjangkau triliunan rupiah.

Sekarang ini polisi tengah menyelesaikan identifikasi beberapa tersangka itu. Kurun waktu dekat, kepolisian akan bekerjasama dengan pihak imigrasi serta kepolisian Cina. ” Barusan kami telah memohon sidik jari 92 tersangka, bekasnya dari Bali serta Jakarta juga akan kami kumpulkan kesini semuanya, ” kata Argo.

Dalam lakukan kejahatannya, modus mereka yaitu mengakui polisi atau kejaksaan Cina. Mereka lalu mengarah korban yang warga negara Cina. Beberapa korban diperas dengan mengatakan kalau mereka ikut serta masalah spesifik.

Argo memberikan, beberapa aktor cyber crime ini meneror juga akan membekukan rekening korban bila tidak kirim beberapa uang. ” Kejahatan ini tersingkap karna ada korban yang mengerti tertipu serta melapor ke kepolisian Cina, ” kata Argo.

About admin