Home / internasional / Rusia Tentang AS Terkait Intervensi Yang Dilakukan Terhadap Venezuela

Rusia Tentang AS Terkait Intervensi Yang Dilakukan Terhadap Venezuela

Rusia Tentang AS Terkait Intervensi Yang Dilakukan Terhadap Venezuela – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengingatkan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo sehubungan intervensi AS di Venezuela. Dalam penuturan lewat telephone, Lavrov menentang tiap-tiap intervensi yang dilaksanakan AS ditengah krisis Venezuela, termasuk juga menentang intervensi militer.

Diberitakan dari Reuters, Rabu (13/2), Lavrov menuturkan jika Rusia siap berdialog membicarakan Venezuela biar sama dengan piagam PBB. Penuturan telephone pada Lavrov serta Pompeo berjalan pada Selasa (12/2) malam.

Lavrov pun mengkritik gagasan AS memperketat sangsi pada Rusia atas tewasanya bekas mata-mata Sergei Skripal di Inggris, dengan menuturkan sangsi baru akan mengakibatkan kerusakan jalinan bilateral.

Rusia pun menjelaskan siap memfasilitasi dialog pada pemerintah Venezuela dengan pemimpin oposisi. Rusia adalah simpatisan Presiden Nicolas Maduro yang sekarang bertarung dengan AS sehabis Presiden Donald Trump menyuport serta mengaku Juan Guaido jadi presiden sesaat Venezuela.

“Kami sudah membela jalinan yang begitu penting dengan pemerintah negara ini serta siap menunjang buat memfasilitasi penelusuran jalan keluar dari kondisi ini,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov.

Ia pun menuturkan Rusia sudah tawarkan sejumlah jalan keluar ke Venezuela buat penyelesaian krisis ekonomi serta politik.

Di PBB, Amerika Serikat memajukan Dewan Keamanan biar dengan sah mengatakan pilpres dengan bebas, adil serta kredibel di Venezuela dengan pemantau internasional. Banyak diplomat menuturkan pada Sabtu, langkah AS itu memajukan Rusia mengajukan perancangan resolusi saingan.

Duta Besar Rusia buat PBB, Vassily Nebenzia memandang resolusi dari
AS itu amat tdk seimbang. Saat di tanya apa pihaknya akan mengajukan perancangan resolusi Rusia buat pungutan suara di Venezuela, dia berkata: “Kami barusan mengupasnya.”

Belumlah jelas kapan Dewan Keamanan PBB akan lakukan pungutan suara sehubungan saran resolusi atas soal di Veenzuela ini. Resolusi DK PBB perlu sembilan nada serta tiada veto dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia atau China supaya bisa disahkan.

About admin