Home / internasional / Rusia-Turki Semakin Memanas

Rusia-Turki Semakin Memanas

Dalam sebuah kesempatan di KTT Perubahan Iklim yang digelar di Paris, Erdogan selaku Presiden Turki telah menyatakan bahwa kalau Turki menginginkan dialog bersama Rusia. “Kami sudah bilang e Rusia, ‘ayo kita bicarakan baik-baik masalh seperti ini,” ungkap Erdogan. “Jangan sampai ada orang lain ada yang bahagia mengenai tensi ini serta malah memperburuk persahabatan kita,” imbuhnya.

Bagaimanapun juga, peenyataan dari Erdogan tersebut di lontarkan selepas pihak Moscow menuntut permintaan maaf. Akan tetapi penyataan itu menurut Presiden Rusia, yakni Vladimir Putin telah menuduh kalau Turki telah membawa hubungan ke dua negara menuju jalan buntu lantaran tidak satu pun ada kata ‘maaf’ yang terucap. Putin pun manambahkan kalau peristiwa tersebut dikatakan ‘menikam punggung’ serta menyetakan bahwa Turki memiliki hubungan dengan teroris.

Hari Sabtu, tanggal 28 November lalu, Putin telah menandatangani sukuman untuk Turki. Hukuman itu diantaranya melarang proses transportasi sewaan diantara ke dua negara, memerintahkan biro tur dari Rusia untuk segera memberhentikan layanan wisata menuju Turki, menghentikan bebas visa untuk ke dua negara.

Hukuman itu pula meliputi larangan impor barang dari Turki. Dimulai tahun depan, larangan perusahaan di Rusia yang mempekerjakan orang Turki pun di mulai.

About admin