Home / unik / Saat Dikunyah, Tanaman Bisa Mendengarnya

Saat Dikunyah, Tanaman Bisa Mendengarnya

Menurut laporan teranyar dari University of Missoury, Columbia mereka telah menemukan kalau tanaman mempunyai sebuah tanggapan ketika mereka mendengar dirinya sendiri sedang di kunyah. Walaupun sebelumnya penelitian telah menemukan bahwa pertumbuhan dari tanaman bisa di pengaruhi oleh berbagai hal tertentu, seperti angin dan juga sentuhan.

Sejumlah peneliti telah mengatakan kalau sinyal getaran yang telah muncul ketika tanamn di kuncah membuat sebuah perubahan metabolisme di dalam sel tanaman. Tanaman telah menciptakan suatu bahan kimia yang lebih bertahan serta bisa mengusir serangan ulat. Pada dasarnya tanaman yang di coba oleh peneliti bisa mendengarkan dirinya saat tengah di lahap oleh pemangsanya, yakni ulat.

Dengan menggunakan sebuah alat mikrofon laser yang di rancang khusus, sejumlah ilmuwan bisa merekam suara dan getaran ulat yang tengah mengunyah daun dari tanaman. Dengan rekaman itu, sejumlah ilmuwan bisa menganalisis kondisi dari tanaman tersebut sebelum si ulat mempunyai kesempatan untuk bisa memakannya.

Dan ternyata saat si ulat mengeluarkan getaran ketika sedang mengunyah, tanaman tersebut mengeluarkan reaksi dengan memproduksi minya mustard, yakni minyak yang sangat dibenci oleh ulat. Dengan mengetahui bagaimana tanaman bisa mendeteksi serta menanggapi suara ketika sedang di kunyah ini setidaknya kita dapat memahami cara tanaman membela dirinya saat diserang hama.

About admin