Home / kuliner / Saingan Rendang Di Kontes MEA

Saingan Rendang Di Kontes MEA

Resep-Cara-Membuat-Rawon-

Soekarwo, selaku Gubernur Jawa Timur telah menyatakan masakan rawon bakal menjadi sainganuntuk masakan rendang didalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal tersebut ada lantaran rawon bakal menjadi unggulan di tempat lain. “MEA bakal jadi peluang yang cukup bagus bagi kita, juga produk kultural kita yang bakal bisa menang ditempat yang lain, seperti rawon yang bakal jadi menu terfavorit seperti rendang di level internasional, tapi untuk rujak cingur yang saya rasa masih belum saatnya,” ujarnya.

“Untuk bisa mendukung hal itu semuanya saya katakan sebuah siklus didalam daya saing industri harusnya di sukung dengan 3 hal, yakni pasar, pembiayaan dan sumber daya manusia, bila semua hal itu di benahi, maka perekonomian kita juga semakin meningkat.

Menurutnya, lebih dari seperlima pasar didalam negeri di kuasai oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan juga industri Jatim, bila ini di benahi dengan standar internnasional dengan melalui kerjasama dengan luar negri, seperti Australia, Germa, Osaka Jepang dan lainnya, maka produk dari Jatim bakal semakin dikenal di pasar internasional.

“Saya sangat berharap di sektor perdagangan, baik impor mauipun ekspor ataupun perdagangan antar pulau jadi satu kesatuan yang mempunyai nilai surplus, bila tidak, maka sama saja dengan sebuahb kondisi defisit dari neraca berjalan mengganggu nilai rupiah,” imbuhnya.

About admin