Home / Berita Umum / Sekarang Ini, Telah Ada Tiga PLBN Terintegrasi Yang Terdapat Di Pulau Timor

Sekarang Ini, Telah Ada Tiga PLBN Terintegrasi Yang Terdapat Di Pulau Timor

Sekarang Ini, Telah Ada Tiga PLBN Terintegrasi Yang Terdapat Di Pulau Timor – Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan membuat dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) penambahan di garis batas di antara RI-Timor Leste yang ada di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekarang ini, telah ada tiga PLBN Terintegrasi yang terdapat di Pulau Timor. Ketiganya yaitu PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menjelaskan, pos lintas batas itu memang menyengaja dibuat, dengan satu diantara arah untuk membuat pusat ekonomi baru disamping terluar Tanah Air.

“Jadi utamanya saya ingin berikan pesan, jika membuat Indonesia dari pinggir itu dengan infrastruktur tidak cuma untuk kebutuhan keamanan, dan juga untuk ekonomi warga. Potensinya ada,” katanya di Atambua, NTT, seperti diambil Senin (19/5/2019).

Jadi info, Pulau Timor mempunyai dua perbatasan darat RI-Timor Leste. Pertama, yaitu di antara Kabupaten Belu serta Kabupaten Malaka dengan daratan penting Timor Leste.

Diluar itu ada juga perbatasan di antara Kabupaten Timor Tengah Utara serta Kabupaten Kupang dengan negara sisi Oecussi-Ambeno yang masuk ke daerah kedaulatan Timor Leste. Keseluruhan panjang perbatasan darat ini sebesar 268,8 km.

Endra meneruskan, Kementerian PUPR pada tahun ini berinisiasi untuk membuat dua PLBN penambahan di Pulau Timor, yaitu PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang serta PLBN Napan di Kabupaten Timur Tengah Utara.

About admin