Home / kesehatan / Serat Untuk Anak

Serat Untuk Anak

Serat Untuk Anak – Makanan yang memiliki serat bukan hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Serat makanan selama ini hanya dihubungkan dengan kesehatan saluran cerna. Padahal, kecukupan serat dapat membantu mencegah obesitas. Penelitian memperlihatkan, makin cukup kebutuhan serat anak, semakin sedikit mereka mengonsumsi lemak serta gula. Ini dikarenakan makanan kaya serat mengandung sedikit kalori dan lebih lama dicerna sehingga perut merasa lebih kenyang.

Berdasarkan Leona Victoria APD, ahli gizi, peranan serat dalam tumbuh kembang anak tak boleh diremehkan.Serat berguna untuk memadatkan makanan, sebagai sarana untuk masuknya vitamin dan mineral, dan juga melancarkan sistem pencernaan. Kegunaan lain dari serat yaitu menjaga gula darah dan kadar insulin stabil. Penelitian juga menyimpulkan serat membantu mengontrol Kolesterol serta  melindungi tubuh tehadap kanker.

Serat amat disarankan untuk laki-laki sebab secara genetik mereka rentan mengidap kanker usus. Leona mengungkapkan, anak-anak serta orang dewasa mempunyai kebutuhan serat yang sama, adalah sekitar 19-25 gram perhari. Kebutuhan serat itu sebaiknya dicukupi dari bahan makanan, daripada suplemen.

Pasalnya, kebanyakan anak menganggap makanan bergizi itu tak enak. Contohnya saja sayur-sayuran ataupun buah.Camilan sebagai penyempurna makan anak di antara waktu makan dapat dijadikan celah untuk menambah nutrisi serta mencegah anak rewel sebab perutnya lapar.

About admin