Home / berita bola / Spanyol Melayani Kosovo Di Estadio de La Cartuja

Spanyol Melayani Kosovo Di Estadio de La Cartuja

Spanyol Melayani Kosovo Di Estadio de La Cartuja – Adu Spanyol versus Kosovo bakalan diberikan bumbu panasnya perseteruan diplomatik dari ke-2 negara. Spanyol tidak mengaku Kosovo selaku negara yang merdeka.

Spanyol dapat melayani Kosovo di Estadio de La Cartuja, Sevilla, di pertandingan Kelompok B Penyisihan Piala Dunia 2022, Kamis (1/4/2022) pagi buta WIB. Adu ini bakalan diberikan bumbu panasnya jalinan diplomatik dari ke-2 negara.

Spanyol jadi satu diantara negara yang menampik pernyataan kemerdekaan Kosovo dari Serbia di 2008. Kosovo awal kalinya merupakan tempat dari Serbia, tetapi memutuskan memerdekaan diri habis perseteruan etnis Serbia dan Albania.

Sikap Spanyol ini didorong oleh keresahan mereka jika kemerdekaan Kosovo dapat memberi inspirasi barisan separatis di Catalunya. Catalunya jadi satu diantara tempat yang ingin memerdekakan diri dari Spanyol.

Sikap politik Spanyol terangkut sampai ke olahraga, termaksud buat tim nasional Kosovo yang anyar dianggap FIFA di 2016. Adu Spanyol versus Kosovo ini bahkan juga nyaris gagal dihelat.

Perihal ini karena Asosiasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menyebutkan Kosovo selaku “territory” menunjuk di tempat dan bukan negara waktu menginformasikan musuh La Furia Roja di Penyisihan Piala Dunia 2022. Asosiasi Sepakbola Kosovo (FFK) yang marah dengan perihal ini memberikan ancaman tidak akan ada ke Spanyol buat main.

Kosovo selanjutnya siap pergi ke Sevilla habis mendapatkan agunan dari UEFA dan FIFA jika kedaulatan mereka selaku negara bakalan diakui di pertandingan itu. Bendera dan lagu berkebangsaan Kosovo dijamin bakalan berkibar dan bergaung.

“Kami udah terima agunan dari UEFA dan FIFA jika ketentuan (berkaitan kompetisi internasional) dapat disegani,” tutur sekertaris FFK, Eroll Salihu diambil dari AFP.

Ini bukanlah kegentingan pertama Spanyol dan Kosovo di olahraga. Di 2019, Spanyol menampik melangsungkan kompetisi Penyisihan Piala Eropa U-17 menantang Yunani Kosovo dan Ukraina.

Kompetisi itu setelah itu dihelat di Nyon, Swiss. 1 tahun awal kalinya waktu Kejuaraan Dunia Karate di Madrid, karateka Kosovo tidak bawa nama negara mereka dan tampil dengan bendera Asosiasi Karate Internasional.

Spanyol saat ini dijamin bakalan melunak terhadap Kosovo sebab UEFA dan FIFA di pertandingan kelak. Walaupun begitu, Pemerintahan Spanyol bakalan selalu kokoh di pendirian mereka tidak akan mengaku kemerdekaan Kosovo.

“Penyelenggaraan kompetisi di antara klub dari 2 asosiasi ini pada kondisi apa saja tidak mengganti status Spanyol tidak untuk mengaku Kosovo selaku suatu negara,” tutur sumber dari pemerintahan Spanyol diambil dari AFP.

About penulis77