Home / Berita Umum / Stok Barang Berkurang Akibatkan Harga Cabai Hingga Ayam Alami Kenaikan

Stok Barang Berkurang Akibatkan Harga Cabai Hingga Ayam Alami Kenaikan

Stok Barang Berkurang Akibatkan Harga Cabai Hingga Ayam Alami Kenaikan – Harga cabai rawit di beberapa pasar Kota Malang bertahan diatas Rp 50 ribu/kg. Hari ini, harga cabai rawit naik seribu rupiah dari Rp 52. 200 jadi Rp 53. 200/kg.

Sesaat daging ayam broiler turut naik dalam satu hari sebesar Rp 1200 dari harga Rp 38. 200 jadi Rp 39. 400/kilonya.

Kenaikan harga dapat disaksikan web Perubahan Harga Bahan Pokok (SISKAPERBAPO) yang diunggah Dinas Perdagangan Kota Malang, Selasa (27/7/2018) jam 10. 31 wib. Itu diambil dari beberapa pasar tradisionil yaitu Blimbing, Oro-oro Dowo, Klojen serta Madyopuro.

Gerakan harga tampak pada beberapa barang serta komoditas. Memang tidak semuanya alami kenaikan, seperti telur ras malah turun jadi Rp 23. 700 satu hari awal mulanya sebesar Rp 23. 900/kg serta bawang merah dari Rp 22 ribu jadi Rp 21. 600/kg.

Beberapa pedagang mengakui, harga jual sesuaikan dari harga beli mereka pada tengkulak. ” Barangnya susah, kita kulak (beli) juga mahal. Untuk jual juga kita cocokkan, ” jelas Miarsih pedagang cabai di Pasar Madyopuro.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan, bila kenaikan harga barang dan komoditas dipicu supply barang yang condong menyusut.

” Aspek yang memengaruhi supply ke pedagang menyusut, juga keinginan akan komoditi itu condong naik, ” jelas Wahyu

Beberapa ratus hektare tempat cabai rawit di lokasi Ngantang, Kabupaten Malang, terserang virus gemini, efeknya jumlahnya produksi alami penurunan dratis. Bahkan juga, harga jual cabai turun hingga sampai Rp 32 ribu dari sebesar Rp 40 ribu/kg, karena kualitas cabai buruk.

About admin