Home / Uncategorized / Sukhoi Rusia Ditembak Jatuh Turki

Sukhoi Rusia Ditembak Jatuh Turki

1 unit pesawat Sukhoi Su-24 telah di tembak jatuh di provinsi Latakia, daerah perbatasan Suria. Dari keterangan Kementrian Pertahanan Rusia, yang telah menembak jatuh jet tempur tersebut ialah militer Turki. Diduga, ada miskoordinasi diantara kedua negara itu. Beberapa kali Rusia di anggap telah melanggar wilayah udara Turki saat menyerang basis pemberontak ataupun ISIS di Suriah.

“Pesawat tempur kami terbang pada ketinggian 6 ribu meter untuk bisa melakukan pengintaian serta selalu terbang diwilayah udara Suriah,” seperti dilansir dari keterangan tertulis Kementrian Pertahanan Rusia. Dalam sebuah video yang beredar,ataupun sejumlah foto, Sukhoi tersebut dihantam oleh rudal, kemudian meledak diudara. Dolaporkan sang pilot berhasil menyelamatkan diri sebelum pesawat jatuh.

Ahmet Davutoglu selaku Perdana Menteri Turki menolak untuk memberikan keterangan tentang jatuhnya jet tempur Rusia. Tapi ia menyatakan pihak yang berkepentingan sekarang bakal membahas insiden tersebut dengan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) serta PBB. Ini merupakan insiden udara yang kesekian kalinya selepas Rusia menggempur Suriah supaya bisa membantu sekutunya.

Menteri Luar Negeri Turki, yakni Feridun Sinirlioglu telah mengaku sudah menghubungi Menlu Rusia untuk mempertanyakan masalah ini. “Federasi Rusia harus bisa mempertanggung jawabkan pada setiap insiden yang tak di inginkan yang nantinya mungkin terjadi,” ujar Kemenlu Turki.

About admin